-->

Presentasi Teknikal Perdana IATMI Chapter Kuwait

Sunday, May 25, 2008

Presentasi Teknikal Perdana IATMI Chapter Kuwait
Aplikasi dan Operasi Electrical Submersible Pump (ESP)
Kuwait, 17 Mei 2008
Oleh: Ari Yunianto

Sesuai dengan jadwal agenda kegiatan IATMI Kuwait untuk bulan Mei 2008, presentasi teknikal yang pertama telah terselenggara pada hari Sabtu, 17 Mei 2008 mulai jam 10.30-15.00 di House 99 Saudi Arabian Chevron Camp di Kuwait. Presentasi ini merupakan bagian program kerja Divisi Pengembangan Profesi yang ditujukan kepada seluruh anggota IATMI Kuwait dengan maksud untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan diantara sesama anggota IATMI Kuwait yang selaras dengan visi dan misi serta nilai-nilai organisasi untuk selalu meningkatkan kemampuan dan profesionalitas segenap anggota IATMI Kuwait.

Acara yang dikoordinir oleh ketua Divisi Pengembangan Profesi, Bapak Dudi Mulyadi ini dibuka oleh Chairman IATMI Kuwait Ari Yunianto dengan kata sambutan sekaligus untuk memberikan update mengenai kegiatan yang telah dilakukan dan akan dilakukan pada bulan Mei 2008. Pada kesempatan ini dipaparkan juga mengenai Organization Chart IATMI Kuwait yang baru berkaitan dengan pindahnya beberapa pengurus dan terutama berkaitan dengan dibukanya Divisi baru Divisi IT dan Komunikasi.
Sebagai agenda utama pada acara kali ini, Bapak Richard Suryadi mempresentasikan Aplikasi dan Operasi ESP. Presentasi dimulai dengan pengenalan mengenai Artificial Lift dilanjutkan dengan pemaparan mengenai ESP itu sendiri baik mengenai ESP down hole dan surface equipment, perhitungan design, instalasi, start up, monitoring bahkan sampai trouble shooting disertai dengan contoh-contoh mengenai root cause dan tear down analysis. Secara keseluruhan materi dan cara penyampaian presentasi dirasa sangat bagus oleh seluruh hadirin. Presentasi is on the "right level", tidak terlalu technical dan sangat komunikatif didukung dengan kemampuan dan penguasaan pak Richard untuk menjawab pertanyaan yang sangat bagus. Sebagai salah bukti diakhir presentasi beberapa anggota IATMI Kuwait sudah antri untuk menjadwalkan mentoring session dengan pak Richard. Two Thumbs Up untuk pak Richard. Presentasi pak Richard dapat dilihat dengan mengklik link ini.
Setelah presentasi, acara dilanjutkan dengan break untuk makan siang, sholat Dzuhur dan terutama untuk ramah tamah. Walaupun sebagai organisasi profesi, salah satu misi utama IATMI Kuwait adalah untuk memupuk silaturahim dan kekompakan diantara sesama anggota dan keluarga.










Setelah makan siang yang ‘mak nyus’ dengan features utama TongSeng Mangaf mbak Endang, Mie Aceh Noora mbak Bebi, Daging Kalio Haiza mbak Ningsih, Lodeh dan Kering Tempe Saikhanya mbak Ratih, Sup Kental Ayam Jamur ala mbak Aela, Sup Buntut dhik Afni dan rujak asinan SS (samping srimpi) mbak Menti, sedianya acara akan dilanjutkan dengan presentasi kedua oleh pak Dudi mengenai Piping Design. Tapi sesuai masukan hadirin presentasi kedua disepakati untuk ditunda ke pertemuan berikutnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat untuk the best presenter pada acara presentasi perdana IATMI Kuwait “Aktifitas Eksplorasi dan Produksi Minyak dan Gas Bumi dari Hulu sampai ke Hilir” yang telah sukses diselenggarakan pada tanggal 18 April yang baru lalu. Sertifikat diserahkan oleh pak Cuk Suryanto kepada pak Ridwan Fakih. Sebelum penyerahan pak Ridwan juga berbagi tips untuk presentasi yang sukses. Selamat buat pak Ridwan. Acara resmi diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh pak Candra Nugraha untuk almarhum ayahanda mas Dani dan almarhumah ibunda mbak Rini.

…And there's always room for improvement, dari sesi plus and delta berikut beberapa hal yang perlu ditingkatkan seperti persentase kehadiran anggota IATMI Kuwait untuk acara semacam ini yang masih belum sesuai harapan, masih banyak yang datang tidak tepat waktu, usulan untuk memadukan satu presentasi teknikal dengan non teknikal dan memberikan kesempatan untuk ibu2 untuk presentasi. Hal-hal penting dan mendasar yang perlu ditindaklanjuti oleh segenap pengurus dan anggota IATMI Kuwait.

Ada yang terasa kurang dan hambar kalau acara IATMI Kuwait tanpa karaoke, acara presentasi teknikal kali ini ditutup dengan menyanyikan beberapa lagu oleh biduan IATMI Kuwait seperti pak Ridwan Fakih dan lagu spesial dari pak Chairul Dani dan pak Imam untuk pak Dedi Irawan yang akan segera pindah tugas ke tempat yang baru.


never say goodbye
holdin’ on we’ve got to try
holdin’ on to never say goodbye…


Sampai jumpa diacara IATMI Chapter Kuwait berikutnya yang tentatively akan diadakan pada tanggal 30 Mei jam 18.30 di rumah pak Ridwan Fakih.

0 comments: