-->

Aktifitas Eksplorasi dan Produksi Minyak dan Gas Bumi dari Hulu sampai ke Hilir

Monday, May 5, 2008

Presentasi Perdana IATMI
Aktifitas Eksplorasi dan Produksi Minyak dan Gas Bumi dari Hulu sampai ke Hilir
18th April,2008
Oleh: Alina Rosaria Sari

Sebagai bagian dari program silaturahim IATMI Country Chapter Kuwait (IATMI-Kuwait) dengan komunitas masyarakat Indonesia di Kuwait dan menanggapi minat untuk mengenal dunia migas yang di temui secara sporadis dalam beberapa kesempatan, IATMI Kuwait menyelenggarakan presentasi mengenai Aktifitas dalam Dunia Migas – dari Hulu hingga ke Hilir pada tanggal 18 April 2008 bertempat di Aula Gedung A KBRI Kuwait.

Sebagai kiprah perdana setelah acara inaugurasi, acara presentasi yang di ketuai Ari Yunianto ini terbilang cukup sukses baik dari segi antusiasme peserta, maupun kelancaran acara.

Persiapan acara di mulai dari tanggal 3 April dengan penyusunan panitia. Rapat-rapat persiapan acara selanjutnya yang berlangsung secara safari dari rumah Ridwan Fakih, Rudy Handoyo dan Ari Yunianto, berlangsung sebagai penyambung silaturahim dengan segenap keluarga. Ini di perkaya dengan sajian menu-menu spesial seperti bakso, rawon, gudeg, mie jawa, oseng-oseng pedas dan lainnya yang cukup menambah semangat para presenter untuk meng-eksplorasi bahan dan tampilan untuk presentasi. Dua kali Dry run yang dikomandani Johan Arwansyah dari Divisi Pengembangan Profesi berlangsung seru dengan feedback kritis dari segenap yang hadir, dari ‘joke-joke’ yang harus di lempar hingga teknik men-engage audience. Konsentrasi yang sempat buyar karena menu favorit sudah tersedia di meja dan ‘extended’ kids play ground dari ruangan sebelah tidak cukup untuk menggugurkan semangat para presenter untuk melatih ‘best performance’ mereka.
Presentasi di langsungkan Hari Jumat, 18 April 2008, dimulai agak sedikit terlambat (30 menit) pada pukul 2.30 siang. Acara yang juga di hadiri oleh Rini Soegiyono, President IATMI Middle East ini di buka oleh Johan Arwansyah dengan perkenalan IATMI dan pembahasan singkat kenapa industri migas begitu terintegrasi pada kehidupan kita sehari-hari hingga saat ini. Kemudian di lanjutkan dengan sambutan resmi Kedutaan Besar RI yang di wakili oleh Bapak Dharmawan selaku Pelaksana Fungsi Ekonomi. Garis besar yang di petik dari sambutan beliau, cukup membakar semangat kebangsaan hadirin sekalian khususnya anggota IATMI-Kuwait. Beliau menegaskan bahwa Kedutaan Besar RI mendukung penuh setiap kegiatan semua elemen masyarakat Indonesia di Kuwait yang berpotensi besar untuk meningkatkan citra dan reputasi bangsa sesuai dengan fokus utama Kedutaan pada periode ini.. Beliau menaruh harapan besar pada IATMI-Kuwait untuk berkontribusi aktif dalam usaha berkesinambungan membawa nama Indonesia pada tataran yang lebih tinggi dan membawa wajah profesionalisme yang kredibel pada image komunitas Indonesia secara keseluruhan. Harapan yang memicu semangat sekaligus tantangan yang harus kita jawab.
Presentasi inti dimulai dengan Rudy Handoyo yang membahas mengenai “Produksi dan Konsumsi ” , di lanjutkan dengan Arief Joenaidi untuk “Eksplorasi”, Nur Solechudin K untuk “Eksploitasi”, Dudi Mulyadi untuk “Surface Facilites”, dan Ridwan Fakih untuk “Aktifitas Downstream”. Materi Presentasi dapat dilihat di link presentation
Secara keseluruhan presentasi berlangsung cukup menarik dengan di selingi pertanyaaan-pertanyaan ke audience yang membuat animo terjaga dan di perkuat dengan animasi pada beberapa materi. Sebagai ‘ice breaker’ dan penambah semangat, kuis-kuis yang di lontarkan oleh pasangan pembawa acara Chairul Dani dan Alina Rosaria Sari sanggup menjaga energi peserta untuk mengikuti presentasi hingga usai.

Dan presentasi yang di bawakan secara sangat ‘casual’ oleh Ridwan Fakih membawa beliau sebagai “Best Presenter” bersaing ketat dengan Rudy Handoyo yang kalah satu suara. Congrats! Keep it Up!

Tentu “there’s always lots of room for improvement”, seperti statement standar di tiap performance evaluation di kantor. Masukan penting dari hadirin (terutama Ibu-ibu) adalah masalah ketepatan waktu.

Acara yang di jadwalkan selesai jam 4 sore, ternyata harus molor sampai dengan jam 5.30 sore. Acara Tanya Jawab juga terkesan agak ‘loose’, sehingga banyak respon yang terduplikasi sehingga kurang efisien. Ketidakhadiran seorang moderator berperan penting dalam hal ini. Pertanyaan hadirin secara umum terkonsentrasi pada masalah pengelolaan industri minyak dan gas di Indonesia, efektifitas Pertamina, masalah Lapindo, hal-hal yang berkaitan dengan produksi minyak, energi alternative migas, masalah kesempatan kerja sampai harapan hadirin agar IATMI Kuwait bisa lebih berperan aktif untuk menyebarkan informasi mengenai lowongan kerja di perusahaan minyak dan gas bumi.

Sedangkan mengenai persiapan acara, Publikasi adalah satu hal utama yang harus di benahi. Hal ini di sarikan dari isian kuesioner dari hadirin. Tapi sebagai acara perdana, respon komunitas di luar IATMI sudah cukup lumayan. Dan secara umum, presentasi atau diskusi selanjutnya dengan topik yang lebih fokus sangat di tunggu.

Selamat kepada segenap Panitia dan seksi repot, tidak ketinggalan pada penyedia jajanan pasar yang ‘Mak Nyusss’ yang menenangkan hadirin hingga acara usai

Sampai Jumpa di Acara IATMI-Kuwait berikutnya !!!

Notes:

Agenda Acara IATMI mendatang :
1. Technical Presentation untuk semua anggota IATMI Kuwait : Minggu kedua Mei 2008. Event Organizer : Dudi Mulyadi. (Tanggal pasti akan di publikasikan melalui IATMI website)
2. Non-Technical Evening Talk dengan pembicara mas Wahyu Budiarto : 30 Mei 2008. Event Organizer : Ridwan Fakih.

0 comments: